Globalisasi dalam Perspektif Islam (Analisis Kajian Tafsir Maudhu'i

Globalisasi dalam Perspektif Islam (Analisis Kajian Tafsir Maudhu'i

Authors

  • Septia Hadi Rizqia UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Yuga Dasilva Hafat Alattas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Talitha Nadhira Wibisono UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Siti Nurqalisah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Globalization, Islam Rahmatan lil ‘Aalamiin, Tafsir Maudhu’i

Abstract

Tulisan ini bertujuan membahas pandangan Islam melalui Al-Qur’an mengenai fenomena globalisasi. Dimana era globalisasi ini membawa berbagai kemudahan kepada umat manusia, dengan karakterisitik utamanya yaitu percepatan. Namun pada realitanya globalisasi ini tidak sepenuhnya berdampak positif. Rusaknya moral, bahkan lunturnya nilai-nilai keagamaan merupakan sedikit dari banyaknya dampak negatif globalisasi. Globalisasi yang diusung oleh Amerika ini bermaksud menghegemoni dunia. Tentunya hal ini menjadi masalah bagi umat Islam, dimana umat Islam ini sangat menjunjung tinggi kasih sayang dan nilai-nilai yang luhur. Maka sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana pandangan Islam khususnya Al-Quran dalam memandang fenomena ini. Metode yang digunakan dalam mengungkap fenomena ini dalam Al-Qur’an ialah metode tafsir maudhu’i, yaitu dengan cara mengumpulkan seluruh ayat yang setema kemudian dijelaskan dengan meninjau aspek sebab turunnya ayat (asbabun nuzul) dan keterkaitan antar ayat (munasabah). Selain itu penelitian ini juga melibatkan analisis kepustakaan yaitu dengan meneliti semua referensi yang relevan dengan penelitian ini. Dalam bahasa Arab istilah globalisasi dikenal dengan ‘aulamah. Dalam Al-Qur’an tidaklah ditemukan ayat yang secara spesifik membahas mengenai globalisasi ini. Namun dalam Al-Qur’an terdapat suatu konsep yang sekilas mirip dengan globalisasi yaitu konsep kesejagatan (‘alamiyyah). Hal ini tidaklah tepat secara mutlak karena pada realitanya terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara globalisasi dengan ‘alaamiyyah

References

Al-Syaikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, 2003.

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. Tafsir Ath-Thabari Jilid 18. Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Jilid 9. Jakarta: Gema Insani, 2013.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul. Mu’jam Mufahros Li Alfadz Al-Qur’an Al-Karim. Kairo: Daar al-Kutub al-Mishriyyah, 1945.

Jennah, Rodhatul, Surawan Surawan, and Muhammad Athaillah. Isu-Isu Dunia Islam Kontemporer: Sebuah Pendekatan Multi Perspektif. K-Media, 2021.

Khotimah, Khusnul. “Islam Dan Globalisasi: Sebuah Pandangan Tentang Universalitas Islam.” Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 3, no. 1 (2009): 114–32. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i1.118.

Murdan. “Islam Dan Tantangan Globalisasi.” Al-Jami’: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan, Dan Dakwah 7, no. 1 (2011): 139–58. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/6717%0A.

Qodir, Zuly. Islam Liberal; Varian-Varian Liberalisme Islam Di Indonesia 1991-2002. LKIS Pelangi Aksara, 2010.

Ramle, Azhar. “Pengaruh Globalisasi Budaya Dan Pemberdayaan FELDA Terhadap Akhlak Remaja Muslim Di Kuantan-Pahang-Malaysia.” UIN Raden Intan Lampung, 2016.

Sholihuddin, Sholihuddin. “Konsep Rahmatan Lil Alamin Perspektif Tafsir Al Misbah Dan Implementasinya Dalam Kehidupan Sosial Di Indonesia: Studi Penafsiran Surat Al Anbiyā’ayat 107.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Sobri, Febrianto. “Konsep Universalisme Islam dalam Al-Qur'an: Studi Genealogi Pemikiran dalam Tafsir Maudhu'i Al-Muntaha Tim Sembilan Kalibeber. Wonosobo.” IAIN Purwokerto, 2021.

Sodik, Abror. “Pengantar Studi Islam.” Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2020.

Yumitro, Gonda. Masalah Politik Dunia Islam. Malang: UMMPress, 2018.

Downloads

Published

24-05-2023

Issue

Section

Articles
Loading...