Menjelajahi Pluralisme dalam Islam melalui Pendekatan Tafsir Maudhu'i

Menjelajahi Pluralisme dalam Islam melalui Pendekatan Tafsir Maudhu'i

Authors

  • Tsiqa Syafura S Syarafina UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aziz Syu’ban UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Karlina Yuli UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Fernanda Syams Ziyad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

pluralisme, Al-Qur'an, maudhui, keberagaman

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pluralisme yang membahas cara pandang agama Islam terhadap keberagaman dan upaya untuk menciptakan keharmonisan dalam perbedaan agama. Kami menjadikan Al-Quran,  hadis serta perkataan para ulama tentang keberagaman sebagai sumber-sumber utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menekankan betapa pentingnya berdialog dan saling memahami dalam menciptakan lingkungan yang ramah terhadap semua orang. Penelitian ini juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara pandang Islam terhadap keberagaman dan mendorong terciptanya perdamaian di antara masyarakat yang memiliki beragam keyakinan. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan tafsir tematik atau maudhu'i dengan mengumpulkan ayat-ayat yang terkait pluralisme, mengungkapkan latar belakang turunnya ayat terkait pluralisme dan juga hubungannya dengan ayat-ayat lain dalam Al-Qur'an serta melengkapi penjelasan dengan mengutip hadis-hadis yang berkaitan dengan pluralisme.

References

Al-Mahalli, I. J., and I. J As-Suyuti. Tafsir Jalalain. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.

Amin, A. Nurtamim, and M. Erihadiana. “Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif QS. Ar Rum Ayat 22.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2022): 895–900.

Aravik, Havis, and Choiriyah. “Islam Dan Pluralisme Agama *.” Mizan; Jurnal Ilmu Syariah 4, no. 2 (2016): 287–310.

Arif, Muhammad Fardiansyah. “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur’an Surat Ar-Rum Ayat 22 Dan Surat Al-Hujurat Ayat 13 Menurut Pandangan Para Musaffir.” In Skripsi, 1–125. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2020.

Ash-Shiddieqy, T. H. Tafsir Al-Qur’anul Majid AN-NUUR. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2000.

Fattachil’izza, Aminatul. Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Tafsir Al- Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 48). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2022.

Ilhamni, Feri. Konsep Pluralisme Dalam Islam Dan Pancasila. Skripsi. Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam Aceh, 2016.

Katsir, I. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, 2003.

Kristianto, Aris. Pluralisme Agama Di Indonesia (Studi Tentang Tipologi Pluralisme Agama Non-Indifferent Pada Keputusan Fatwa MUI Nomor 7 Tahun 2005). Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2018.

Lestari, Julita. “PLURALISME AGAMA DI INDONESIA Tantangan Dan Peluang Bagi Keutuhan Bangsa.” Al-Adyan: Journal of Religius Studies 1, no. 1 (2020): 29–38.

Narendra, Nadif Hanan, Hieronymus Purwanta, and Nur Fatah Abidin. “Perkembangan Pemikiran Pluralisme Gus Dur (1971-2001).” Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 11, no. 2 (2022): 97–112.

Ni’ami, Mohammad Fauzan. “Tafsir Kontekstual Tujuan Pernikahan Dalam Surat Ar-Rum: 21.” Nizham 9, no. 1 (2022): 11–23.

Rahman, M. Syaiful. “Islam Dan Pluralisme.” Fikrah 2, no. 1 (2014): 401–418.

Shihab, M. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Syaril, A. M. Asbabun Nuzul Imam As-Suyuti (Sebab-Sebab Turunnya Ayat Al-Qur’an) Edisi Indonesia. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2014.

Toha, A. M. Tren Pluralisme Agama: Tinjauan Kritis. Depok: Gema Insani, 2005.

Downloads

Published

24-06-2023

Issue

Section

Articles
Loading...