Membedah Konsep Radikalisme dan Terorisme dalam Perspektif Al-Qur'an

Membedah Konsep Radikalisme dan Terorisme dalam Perspektif Al-Qur'an

Authors

  • Lestari Serli UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hardiansyah Sandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Jukhoriah Syintia UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Khoiro Yuristal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Jihad, Qital, Radikalisme, Terorisme

Abstract

Terorisme dan radikalisme telah memberikan dampak signifikan bagi dunia dalam beberapa dekade terakhir. Fenomena ini menjadi ancaman serius bagi keamanan nasional, stabilitas sosial, dan perdamaian global. Namun, terdapat pandangan bagaimana ajaran agama Islam memandang terorisme dan radikalisme. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai terorisme dan radikalisme, sekaligus menelusuri perspektif Al-Qur'an mengenai masalah ini. Penelitian ini menggunakan metode tafsir maudhu'i yang menganalisis konteks historis dan pemahaman ayat-ayat Al-Qur'an untuk menemukan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada ayat Al-Qur'an yang mendorong tindakan terorisme dan radikalisme. Sebaliknya, kelompok-kelompok tertentu kurang memahami dengan baik firman Allah SWT. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperluas pengetahuan dan menggali perspektif Al-Qur'an mengenai terorisme dan radikalisme.

References

A Faiz Yunus. “No Title Radikalisme, Liberalisme Dan Terorisme : Pengaruhnya Terhadap Agama Islam.” Jurnal Studi Qur’an 13, no. 1 (2017).

Hafid, Wahyudin. “No TitleGeneologi Radikalisme Di Indonesia(Melacak Akar Sejarah Gerakan Radikal).” Tafaqquh : Journal of Islamic Law 1, no. 1 (2020).

Jenna, Roudhatul, Surawan, and Muhammad Athahillah. No Title Isu-Isu Dunia Kontemporer, 2021.

Laisa, and Emna. “No Title Islam Dan Radikalisme.” Jurnal Studi Islam 1, no. 1 (2014).

M Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati, 2000.

Muhammad Mustofa. No TitleMemahami Terorisme : Suatu Perspektif Kriminologi, n.d.

Wasik, Abdul, and Gerardette Philips. “Konsep Toleransi Beragama Perspektif Integritas Terbuka (Analisis Dialog Para Agamawan Pada Channel Youtube Jeda Nulis).” Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies 1, no. 1 (November 21, 2022): 1–12. https://doi.org/10.59029/int.v1i1.1.

Downloads

Published

05-06-2023

Issue

Section

Articles
Loading...