https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jkgk/issue/feed Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan 2024-01-04T14:53:52+00:00 Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan jurnalkgk@uinsgd.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan (JKGK)</strong> is a journal published by the Department of Teacher Professional Education, Tarbiya and Teacher Training Faculty, UIN Sunan Gunung Djati Bandung in collaboration with <em>Perkumpulan Sarjana Pendidikan Islam Indonesia</em> (PSPII) or Association of Indonesian Islamic Education Scholars. It publishes scientific research on the profession of a religious teacher. This journal article is published twice a year: June and December.</p> https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jkgk/article/view/556 Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik Pada Siswa SMP Al Amanah Cileunyi 2024-01-04T13:52:06+00:00 Nurhamzah nurhamzah@uinsgd.ac.id Agus Nurdiana agusbsgeur03@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya permasalahan siswa yang berkaitan dengan akhlak, khususnya dalam berbicara dan berinteraksi terhadap guru dan sesama teman. Oleh sebab itu, maksud dari pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik pada siswa di SMP Al-Amanah Cileunyi. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga&nbsp; teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik di SMP Al-Amanah Cileunyi menunjukan bahwa sudah terimpelemntasikannya pendidikan akhlak melalui pembiasaan berkata baik. Pembiasaan berkata baik di SMP Al-Amanah menekankan agar siswa selalu mengucapkan salam ketika masuk ke kelas dan ketika berpapasan dengan guru, tidak ragu untuk membiasakan mengucapkan maaf, tolong dan terima kasih terhadap sesama. Metode pembiasaan berkata baik di SMP Al-Amanah Cileunyi ditunjang dengan program-program pendukung seperti Perkembangan Kepribadian Muslim (PKM), Tafakur day dan program parenting.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Author https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jkgk/article/view/557 Peran Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah 2024-01-04T14:19:03+00:00 Ria Komariah riakomariah.03@gmail.com Mohammad Erihadiana erihadiana@uinsgd.ac.id Asep Andi Rahman andirahman@uinsgd.ac.id <p>Penelitian ini berfokus pada peran guru dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Peran guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pengembang kurikulum. Guru memiliki peran penting dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran guru dalam proses pengembangan kurikulum PAI di Sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian <em>library research</em>. Hasil penelitian ini yaitu peran guru sangatlah besar karena keberhasilan pengajaran ditentukan oleh guru. Guru berperan dalam mengembangkan kurikulum yang dikelola secara sentralisasi, desentralisasi, dan sentral-desentral. Peran guru mencakup <em>implementer</em>, <em>adapt</em><em>er, developer,</em> dan <em>researcher</em>. Guru melaksanakan peran ini melalui kegiatan seperti merumuskan tujuan pendidikan secara konkret sesuai dengan tujuan kurikulum, karakteristik siswa, bahan ajar, dan kebutuhan sekolah; merancang pembelajaran yang efektif; melaksanakan rencana pembelajaran yang konkret; mengevaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran; serta mengevaluasi interaksi antar komponen kurikulum yang dilaksanakan. Berkenaan dengan penelitian ini, semoga menjadi bahan studi, literatur dan khazanah pendidikan Islam yang dapat diimplementasikan oleh guru-guru. Penelitian ini juga dapat berimplikasi terhadap peneliti lain yang hendak melakukan penelitian dengan topik yang serupa untuk lebih dielaborasi dan dikembangkan kembali.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Author https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jkgk/article/view/559 Sikap Toleransi Dalam Film Ayat-Ayat Cinta 2 2024-01-04T14:42:17+00:00 Indah Soful Widadi indah.shofwul@gmail.com Jamaluddin jamaluddinhab@yahoo.id.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1. Persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2, 2. Sikap toleransi peserta didik terhadap sesama, 3. Hubungan antara persepsi peserta didik dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Responden merupakan peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Bandung dengan jumlah 67 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, uji linear, uji hipotesis, uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) realitas persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 termasuk kedalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,29 berada pada skala 4,20-5,00. 2) realitas sikap toleransi peserta didik terhadap sesama termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 3,63 berada pada sekala 3,40-4,19. 3) hubungan persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama termasuk dalam korelasi yang kuat dengan nilai uji korelasi 0,699 berada pada interval 0,60-0,80. Pengaruh variabel X terhada variabel Y sebesah 48,8% sisanya dipengaruhi oleh faktorlain.&nbsp; Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung 7.874 &gt; dari t table 1.997 maka dapat disimpulkan Ha diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi peserta didik dalam pemutaran film ayat-ayat cinta 2 dengan sikap toleransi peserta didik terhadap sesama.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Author https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jkgk/article/view/560 Hubungan Tanggapan Siswa Terhadap Implementasi Ice Breaking dalam Pembelajaran dengan Kejenuhan Belajar Mereka di Sekolah 2024-01-04T14:45:08+00:00 Miftahul Fikri miftahulfikrisiwa@uinsgd.ac.id Ksatria Leanugraha Yusuf satria.leanugraha@gmail.com <p>Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan saat kegiatan studi pendahuluan dilakukan, dimana meskipun sebagian besar siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap implementasi ice breaking dalam pembelajaran masih ditemui beberapa siswa yang menunjukan rasa jenuh saat mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung di sekolah (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan kejenuhan belajar mereka di sekolah. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode korelasional. Sampel atau responden pada penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi yang dipilih menggunakan teknik random sampling, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner/angket serta studi dokume serta menggunakan teknik analisis data berupa analisis parsial dan analisis korelasional. Penelitian ini menunjukan hasil: (1) Tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran sangat positif karena skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,33 skor tersebut berada pada interval 3,25 – 4,00 (kategori sangat positif) (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa berada pada kategori rendah karena skor rata-rata yang diperoleh sebesar 2,16 skor tersebut berada pada interval 1,75 – 2,49 (kategori negatif) (3) Hubungan tanggapan siswa terhadap implementasi Ice Breaking dalam pembelajaran dengan kejenuhan belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan: Uji korelasi diperoleh nilai r sebesar (-0,997). Pada uji hipotesis diperoleh nilai t hitung (5,92) &gt; t tabel (2,03) serta untuk besaran pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 93% sedangkan untuk 7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Author https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jkgk/article/view/561 Analisis Kualitas Soal Essay pada Buku Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA 2024-01-04T14:49:09+00:00 Elis Syarifah elissyarifah.30@gmail.com Mulyawan Safwandy Nugraha mulyawan@uinsgd.ac.id Asep Nursobah kangasnur@uinsgd.ac.id <p>Beberapa problematika yang terjadi dalam pembelajaran abad 21 ini adalah kurangnya mutu pendidikan yang dilihat dari bahan ajar yang tidak sepenuhnya dapat memfasilitasi peserta didik sesuai dengan prinsip pembelajaran HOTS, hal tersebut dilihat dari kualitas soal evaluasi yang tidak semuanya HOTS. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas soal essay pada buku mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Madrasah Aliyah (MA) yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Teknik analisi data yang digunakan adalah model Miles &amp; Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas Soal Essay pada buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI ini terdiri dari 82% Soal LOTS dan 18% soal HOTS. Dari beberapa ranah kognitif yang paling banyak muncul adalah kategori L1/C2 (pemahaman) dengan jumlah 40 soal/ 53%. Ini bukan soal HOTS karena hanya membutuhkan kemampuan mengingat dan menjelaskan ide/konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI ini tidak memenuhi standar soal HOTS yang dituntut oleh pembelajaran abad 21. Secara teoritis implikasi penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang luas terkait kualitas soal HOTS dalam pembelajaran abad 21.</p> 2024-01-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Author