Kontribusi Pemikiran Hasbi Ash-Shiddieqy dalam Pemahaman Hadis Kontemporer

Authors

  • wijana wijana UIN SUNAN GUNUNG DJATI

Keywords:

Hadis, Hasbi Ash-Shiddieqy, Kontribusi, Pemahaman

Abstract

Pada masa kehidupan Hasbi Ash-Shiddieqy, di Indonesia studi hadis dan keilmuanya dapat dikatakan masih langka, disebabkan masih sangat sedikitnya karya-karya di bidang hadis yang dihasilkan oleh ulama Indonesia. Namun perkembangan pengkajian hadis dan keilmuannya di Indonesia semakin mendapatkan tempatnya dan bahkan semakin pesat adalah pada akhir-akhir abad ke-20 Kriteria kesahihan hadis dalam pandangan Hasbi Ash-Shiddieqy harus memenuhi dua kriteria, yakni kriteria kevalidan sanad dan matn hadis. Sebagai tokoh yang juga ahli dalam bidang hadis, Hasbi Ash-Shiddieqy banyak memiliki pandangan dalam bidang ini. Untuk kepentingan pembahasan, penulis akan mensistematisasi pemikiran Hasbi dalam bidang hadis pada hal-hal berikut. Pertama, pandangannya tentang hakikat Hadis dan Sunnah serta periodisasinya. Kedua, kriteria kesahihan hadis, Ketiga, penelitian dan pemeliharaan Hadis. Keempat, metodologi pemahaman hadis (sharh al-hadîth).

References

Ash-Shiddieqy, H. (1980). Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis. In H. Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis (pp. 39-405). Jakarta: Bulan Bintang.

Ash-Shiddieqy, H. (1987). Pokok-pokok Ilmu Dirayah Hadis I. In H. Ash-Shiddieqy, Pokok-pokok Ilmu Dirayah Hadis I (p. 110). Jakarta: Bulan Bintang.

Ash-Shiddieqy, H. (2007). Dinamika Syariat Islam. In H. Ash-Shiddieqy, Dinamika Syariat Islam (p. 15). Jakarta: Galura Pase.

Ash-Shiddieqy, H. (2007). Dinamika Syariat Islam . In H. Ash-Shiddieqy, Dinamika Syariat Islam (p. 15). Jakarta: Galura Pase.

Ismail, S. (1991). Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual. In S. Ismail, Hadis Nabi yang Tekstual dan Kontekstual (p. 4). Jakarta: Bulan Bintang.

Ismail, S. (1995). Hadis Nabi Menurut Pembela, Pengingkar, dan Pemalsunya. In S. Ismail, Hadis Nabi Menurut Pembela, Pengingkar, dan Pemalsunya (pp. 55-56). Jakarta: Gema Insani Press.

Midong, B. (2007). Kualitas Hadis dalam Kitab Tafsir An-Nur Karya T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy. In B. Midong, Kualitas Hadis dalam Kitab Tafsir An-Nur Karya T.M. Hasbi Ash-Shiddieqy (p. 64). Makassar: YAPMA.

Nasution, H. (1996). Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. In H. Nasution. Jakarta: Bulan Bintang.

Rodliyana, M. D. (2003). Pemikiran Ulum al-Hadis: dari Klasik sampai Modern. In M. D. Rodliyana, Pemikiran Ulum al-Hadis: dari Klasik sampai Modern (pp. 133-146). Bandung: Pustaka Setia.

Shiddiqi, N. (1997). Fikih Indonesia: Penggagas dan Gagasannya. In N. Shiddiqi, Fikih Indonesia: Penggagas dan Gagasannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997), 3. (p. 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tasrif, M. (2007). Kajian Hadis di Indonesia: Sejarah dan Pemikiran. In M. Tasrif, Kajian Hadis di Indonesia: Sejarah dan Pemikiran. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Downloads

Published

2023-06-26