Takhrij Hadis tentang Menguap dari Setan dengan Menggunakan Metode Tashih, Muqaranah, Tahlil, Tarjih, Tahkim

Authors

  • Aslaa Nabiilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Hadis, Menguap, Takhrij

Abstract

Kajian tentang menguap yang masih jarang kita ketahui apa manfaat bagi tubuh kita, pastinya ada manfaatnya bagi tubuh kita namun dibalik manfaat itu menguap juga merupakan tanda penyakit jika hal tersebut terjadi sangat sering. Bahkan sebab dari menguap itu masih menjadi misteri, Rasulullah SAW pun pernah menyinggungnya dalam beberapa hadis yang mengatakan bahwa meguap itu dari setan. Dalam penelitian ini akan meneliti tentang hadis Rasul tersebut yang mengatakan bahwa menguap itu dari setan dengan menggunakan metode TMT3 (Tashih, Muqaranah,Tahlil, Tarjih dan Tahkim). Tashih untuk menganalisis biografi, pengakuan antara guru dan murid sampai penilaian ulama tentang rawi tersebut. Muqaranah untuk membandingkan sanad maupun matan jika terdapat perbedaan. Tahlil yaitu melakukan analisa pada perbedaan tersebut apakah bisa dikompromikan atau tidak. Tarjih, yaitu menganalisa dari perbandingan tadi mana yang lebih unggul dibanding yang lainnya baik itu sanad maupun matannya. Tahkim yaitu menyimpulkan bahwa hadis tersebut termasuk hadis yang sahih, hasan, atau bahkan dha’if. Sehingga didapatkanlah hasil bahwa hadis tentang menguap dari setan itu dinilai hasan karena terdapat rawi yang bernilai shuduq.

References

Al-Bukhari, M. b. (1422 H). Shahih al-Bukhari jilid I. In M. b. Al-Bukhari, Shahih al-Bukhari jilid I (p. 16). Dar Thuq an-Najah.

At-Tirmidzi, M. b. (n.d.). Sunan At-Tirmidzi. Kairo: Syarikah Maktabah wa Matba’ati Musthofa Al-Babi Al-Halabi.

Dalimunthe, R. P. (2021). STUDI TAKHRIJ HADIS MENGGUNAKAN METODE TASHIH, MUQORONAH, TAHLIL, TARJIH, DAN TAKHKIM (TMT3) TERHADAP HADIS TENTANG PENYEBARAN COVID-19. Jurnal Studi Hadis Nusantara 3, no. 1 , 60-74.

Dawud, S. b.-A. (n.d.). Sunan Abi Dawud. Beirut: Maktabah al-’Asyriyah.

Fadilha, R. (2022). Resepsi Hadis di Media Sosial: Studi Kasus Film Animasi Nussa Episode Adab Menguap. Al-Manar: Jurnal Kajian Alquran dan Hadis 8, no. 1 , 27-42.

Fuadina, I. N. (2022). Etika Menguap perspektif hadis: Kajian Maani al Hadith dalam kitab Sunan Abi Dawud nomor 5026 dengan pendekatan budaya dalam norma masyarakat modern. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ismail, M. S. (1955). Kaidah Kesahihan Sanad Hadis. In M. S. Ismail, Kaidah Kesahihan Sanad Hadis (pp. 56-57). Jakarta: Bulan Bintang.

Khon, A. M. (2012). Ulumul Hadis. Jakarta: Amzah.

Lazim, M. N. (2018). Memahami hadis tentang menguap : studi kritis dengan tinjauan sains. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Muslim, b. a.-H.-Q.-N. (n.d.). Musnad As-Shahih AlMukhtasar Binaqlil Adli Anil Adli Ila Rasulillah Shallallahu Alayhi Wasallam. Beirut: Dar al-Ihya at-Turats.

Sholeh, M. J. (2022). TELAAH PEMETAAN HADIS BERDASARKAN KUANTITAS SANAD. Bayan lin-Naas: Jurnal Dakwah Islam 6, no. 1, 33-50.

Downloads

Published

2023-06-26