Sentimen Netizen Pada Konten Dakwah Akun Instagram @Halimahalaydrus
DOI:
https://doi.org/10.15575/jash.v2i1.1295Keywords:
Efektivitas, Interaktif, Instagram, Platform digitalAbstract
Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih memberikan tantangan kepada seorang da’i dalam berdakwah di era modern ini. Da’i dituntut untuk lebih kreatif dalam penggunaan teknologi komunikasi seperti media sosial. Penelitian ini berjudul Analisis Konten Dakwah pada akun Instagram @halimahalaydrus. Penelitian ini menganalisis konten dakwah yang dipublikasikan di akun Instagram @halimahalaydrus, dengan tujuan untuk menganalisis respons spesifik terhadap konten dakwah yang menggunakan videografi dan tekstual di media sosial. Selain itu, penggunaan elemen visual yang menarik, seperti tekstual dan videografi, berhasil menarik perhatian audiens dan meningkatkan interaksi. Analisis terhadap komentar dan reaksi audiens mengindikasikan adanya dukungan yang kuat terhadap pesan yang disampaikan, meskipun terdapat beberapa kritik yang mengemuka. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang efektivitas konten dakwah di media sosial, serta menyoroti potensi untuk memperkuat pesan dakwah melalui platform digital yang interaktif. Penelitian ini juga merekomendasikan strategi pengembangan konten yang lebih variatif untuk meningkatkan jangkauan dan dampak dakwah di kalangan pengguna Instagram
References
Alfath Thoriq Kumara, Mujib Ridwan, Anang Kunaefi. 2024. “KLASIFIKASI SENTIMEN NETIZEN MEDIA SOSIAL X TERHADAP KANDIDAT CAWAPRES PADA PILPRES 2024 MENGGUNAKAN INDOBERT.” https://www.bdksurabaya-kemenag.id/artikel/klasifikasi-sentimen-netizen-media-sosial-x-terhadap-kandidat-cawapres-pada-pilpres-2024-menggunakan-indobert#:~:text=Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi atribut,cawapres pemilu pada Februari 2024.
Anggit Pamungkas, Umi Halwati. 2023. “Tantangan Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Media Baru.” ARKANA, Jurnal Komunikasi dan Media 02: 146–58. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/arkana.
Efendi, Erwan, Afiatri Fatimah, and Indah Mawati Sipahutar. 2023. “Peran Sistem Informasi Terhadap Pengembangan Dakwah Islam.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(2): 3230–38.
Habibi M. 2023. “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah 12(1): 102.
Hendra, Tomi, and Siti Saputri. 2020. “Tomi Hendra, Siti Saputri-Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Media Sosial Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Media Sosial.” Jurnal Al-Hikmah 7(1): 51. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alhikmah.
Mubarok, H. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Dakwah Islam. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer.” : 8(1), 57-64.
Munandar, R. A., & Susanto, A. 2019. “Pengaruh Konten Dakwah Islam Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Memilih Produk Halal. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah.” : 11(1), 23-40.
Nurfitria, Syintia, and Arzam Arzam. 2022. “Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media.” An-Nida’ 46(1): 88. doi:10.24014/an-nida.v46i1.19245.
Prasdina, Vika Maya. 2021. “Analisis Konten Dakwah Pada Akun Media Sosial Instagram @Hanan_Attaki (Periode Januari-Mei 2021).”
Rahman, Syahrul. 2021. “Syahrul Rahman-Fenomena Islamofobia… FENOMENA ISLAMOFOBIA DI MEDIA SOSIAL: TANTANGAN DAN PELUANG DAKWAH DI MASA MENDATANG.” AL MUNIR Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 12(2): 192–201. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/index.
Rumata, Fathurrrahman ’Arif, Muh. Iqbal, and Asman Asman. 2021. “Dakwah Digital Sebagai Sarana Peningkatan Pemahaman Moderasi Beragama Dikalangan Pemuda.” Jurnal Ilmu Dakwah 41(2): 172–83. doi:10.21580/jid.v41.2.9421.
Rusmana, A. 2018. “Strategi Pemasaran Konten Dakwah Di Era Digital. Al-Ta’lim: Jurnal Pendidikan.” : 25(3), 183-190.
Setiawan, Noval, and Arifatul Khiyaroh. 2022. “Urgensi Dan Strategi Dakwah Santri Di Era Digitalisasi.” Jurnal Dakwah dan Komunikasi 7(2): 223. doi:10.29240/jdk.v7i2.5774.
Sidik, Anwar. 2017. “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah (Study Akun @fuadbakh).” : 18.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. 2019. “EFISIENSI PENYAMPAIAN DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL.” Sustainability (Switzerland) 11(1): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Wicaksono, M. Arif. 2017. “Pengaruh Media Sosial @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers.” : 7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gunung Djati Conference Series

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.