Peran Dan Fungsi Pasar Modal Syariah Dalam Perekonomian Indonesia

Peran Dan Fungsi Pasar Modal Syariah Dalam Perekonomian Indonesia

Authors

  • Resy Nur Ajizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irdan Nurdiansyah STIEBS Al-Amin Tasikmalaya

Keywords:

Peran, Fungsi, Pasar Modal Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan lebih mendalam tentang pasar modal Syariah, peran serta fungsinya. Keberadaan pasar modal dalam kegiatan perekonomian negara sangat penting sebagai sarana investasi dan sebagai sarana penyediaan modal bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Kehadiran produk Syariah di pasar modal Indonesia tergambar dari peluncuran produk Reksa dana Syariah oleh PT Danareksa Investment Management pada 3 Juli 1997, Namun, produk syariah secara resmi diakui di pasar modal Indonesia pada 14 Maret 2003, dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK) dengan Majelis Ulama Dewan Syariah Nasional Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan literature Review. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pasar modal memegang peranan penting dalam perekonomian negara karena pasar modal memiliki dua fungsi, yaitu sebagai sarana pembiayaan usaha dan sebagai jalan bagi perusahaan untuk memperoleh dana dari investor.

Author Biographies

Resy Nur Ajizah , UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Irdan Nurdiansyah, STIEBS Al-Amin Tasikmalaya

Manajemen Keuangan Syariah

References

Adsyah, R. (2022, Maret 10). 9 Fungsi Pasar Modal Syariah yang Wajib Anda Ketahui! Diambil kembali dari investree: https://blog.investree.id/ekonomi/9-fungsi-pasar-modal-syariah- yang-wajib-anda-ketahui/

Khalisa, N. (2014). Pasar Modal Syariah (Ketika “Syariah” Hanya Sebuah Kata. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Islam IMANENS, 29-34.

M Fauzan, D. S. (2018). Peran Pasar Modal Syariah Dalam Mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. HUMAN FALAH, 70-95.

Nursyamsiah. (2017, April 28). Pasar Modal Syariah. Diambil kembali dari pa-pekanbaru.go.id:https://www.papekanbaru.go.id/images/stories2017/berkas2017/Konsep%20Dasar%20Pasar%20Modal%20Syariah.pdf

Ojk. (2017). Pasar Modal Syariah. Jakarta: Peta Situs.

Tia Okta Nurmawilis, V. S. (2021). Peran Pasar Modal Syariah dalam Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 10916-10923.

Downloads

Published

2024-05-06
Loading...