Pengembangan Bahan Ajar Matematis Berbasis Socrates Question Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.15575/jash.v1i2.904Keywords:
Kemampuan berpikir logis siswa, Pengembangan bahan ajar, Socrates questionAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan berpikir logis siswa kelas VII di SMPN 4 Rancah kabupaten Ciamis dan jarangnya guru membuat bahan ajar matematis yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sehingga, tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan bahan ajar matematis berbasis Socrates question, (2) Validitas bahan ajar matematis berbasis Socrates question, (3) kemampuan berpikir logis siswa setelah menggunakan bahan ajar matematis berbasis Socrates question, dan (4) kelayakan bahan ajar matematis berbasis Socrates question. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan bahan ajar dilakukan sesuai dengan model pengembangan ADDIE, (2) Bahan ajar matematis berbasis Socrates question dinyatakan valid dengan kriteria sangat valid,
(3) Kemampuan berpikir logis siswa mencapai kategori cukup, dan (4) Bahan ajar matematis berbasis Socrates question dinyatakan efektif dan layak untuk digunakan. Hasil pengembangan yang telah dilakukan berupa bahan ajar matematis berbasis Socrates question berbentuk buku.
References
Anas, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah (Scientific Thinking) Siswa SD Tekad Mulia.
Nizhamiyah, 6(1), 31–48. https://doi.org/10.30821/niz.v6i1.25
Andriadi, A., Fitraini, D., & Suhandri, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Active Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 55. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4768
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25
Ernawati, & Nasir, A. M. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Socrates Kontekstual Berbasis Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Statistik Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 31–44.
Fauziana, S. P. (2017). Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah Di Taman Kanak-Kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Hamalik, O. (2016). Proses Belajar Mengajar (18 ed.). Bumi Aksara.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kusnadi, F. N., Karlina Rachmawati, T., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (3 ed.). Alfabeta.
Nur, F. M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sains Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.
Pane, L. Y., Kamid, K., & Asrial, A. (2013). Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan Logis Matematis Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 14–21. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i2.1668
Pratiwi, R. S., Kustati, M., & Susanto, A. (2019). Strategi Belajar Think Talk Write dan Kemampuan Berpikir Logis Matematis. Math Educa Journal, 3(1), 21–31. https://doi.org/10.15548/mej.v3i1.264
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2),1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. 4–6.
Sholihatunnisa, L., Jihad, A., Juariah, & Sugilar, H. (2020). Pemahaman Matematis dan Math Anxiety Siswa dengan Model ICARE dan Media Powtoon. SENTER: Seminar Nasional Teknik Elektro, November 2020, 209–216.
Sidabutar. (2018). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar. Jurnal pendidikan, 9(2), 1–11. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/115
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal, 2(2), 156. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Suniasih, N. W. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Model Inkuiri. Mimbar Ilmu, 24(3), 417. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542
Syaf, A. H., Maryono, I., & Juariah, J. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Pokok Bangun Datar. Jurnal Analisa, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.15575/ja.v1i2.2900
Tanjung, A. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1), 24–29. https://doi.org/10.17977/um017v20i12015p024
Utami, A. K. S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Logis Matematis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5762
Vahlia, I., Rahmawati, D., Mustika, M., Yunarti, T., & Nurhanurawati. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linear Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1182–1189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3671
Wanti, N., Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1497
Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan Pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–57. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizqi Asahdanabila, Juariah, Hamdan Sugilar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.