Transformasi Pembelajaran Sistem Endokrin Melalui Peran Teknologi Informasi : A Systematic Literature Review

Transformasi Pembelajaran Sistem Endokrin Melalui Peran Teknologi Informasi : A Systematic Literature Review

Authors

  • Ismi Ayu Wulandari UIN Bandung
  • ferli Septi Irwansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jash.v1i2.922

Keywords:

Sistem Endokrin, Teknologi Informasi

Abstract

Pembelajaran materi sistem endokrin sering kali dihadapkan pada tantangan kompleksitas konsep dan kurangnya sumber daya yang memadai dalam pengajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan komparasi artikel-artikel yang ada menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan fokus pada transformasi teknologi yang dapat mendukung pemahaman konsep sistem endokrin. Metode SLR dengan teknik pemetaan diagram PRISMA ini digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi artikel-artikel terkait dari berbagai sumber literatur. Hasil dari tinjauan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep pada peserta didik dalam penggunaan teknologi dalam konteks pembelajaran sistem endokrin. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran sistem endokrin dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas. Dengan memanfaatkan sumber daya teknologi yang tersedia, guru dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik, sementara peserta didik dapat mengakses materi dengan lebih interaktif dan mendalam. Kesimpulannya penelitian ini menyoroti pentingnya transformasi teknologi dalam konteks pendidikan, khususnya dalam memahami konsep sistem endokrin. Oleh karena itu, langkah-langkah strategis perlu diambil untuk memfasilitasi integrasi yang lebih luas dari teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran di kelas.

Author Biographies

Ismi Ayu Wulandari, UIN Bandung

Pascasarjana UIN Sunan  Gunung Djati Bandung

ferli Septi Irwansyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Program Studi Pendidikan Kimia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Caetano-Pinto, P., & Stahl, S. H. (2018). Perspective on the application of microphysiological systems to drug transporter studies. In Drug Metabolism and Disposition (Vol. 46, Issue 11, pp. 1647–1657). American Society for Pharmacology and Experimental herapy. https://doi.org/10.1124/dmd.118.082750

Ferasyi, T. R., R Barrett, P. H., Blache, D., & Martin, G. B. (2016). Modeling the male reproductive endocrine axis: Potential role for a delay mechanism in the inhibitory action of gonadal steroids on GnRH pulse frequency. Endocrinology, 157(5), 2080–2092. https://doi.org/10.1210/en.2015-1913

Grindstaff, J. L., Beaty, L. E., Ambardar, M., & Luttbeg, B. (2022). Integrating theoretical and empirical approaches for a robust understanding of endocrine flexibility. In Journal of Experimental Biology (Vol. 225). Company of Biologists Ltd. https://doi.org/10.1242/jeb.243408

Heinken, A., & Thiele, I. (2015). Systematic prediction of health - Relevant humanmicrobial co-metabolism through a computational framework. Gut Microbes, 6(2), 120–130. https://doi.org/10.1080/19490976.2015.1023494

Kang, H., Han, K., & Choi, M. Y. (2012). Mathematical model for glucose regulation in the whole-body system. In Islets (Vol. 4, Issue 2, pp. 84–93). https://doi.org/10.4161/isl.19505

Nur, S., & Ozkan, M. (2017). Evaluation of the Concepts and Subjects in Biology Perceived to be Difficult to Learn and Teach by the Pre-Service Teachers Registered in the Pedagogical Formation Program. European Journal of Educational Research, 6(4), 495–508. https://doi.org/10.12973/eu-jer.6.4.495

Schechter, R. L., Chase, P. A., & Shivaram, A. (2023). Virtual Lab Implementation Model Predicts STEM Future Plans: Insights from Contemporary Science Courses in Higher Education, Updated November 2023.

Sezen Vekli, G., & Çimer, A. (2017). High School Students’ Written Argumentation Qualities with Problem- Based Computer-Aided Material (PBCAM) Designed about Human Endocrine System. Universal Journal of Educational Research, 5(5), 848–861. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050517

Sung, B. (2022). In silico modeling of endocrine organ-on-a-chip systems. In Mathematical Biosciences

(Vol. 352). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.mbs.2022.108900

Wu Jin, P., Rousset, N., Hierlemann, A., & Misun, P. M. (2021). A Microfluidic Hanging-Drop-Based Islet Perifusion System for Studying Glucose-Stimulated Insulin Secretion From Multiple Individual Pancreatic Islets. Frontiers in Bioengineering and Biotechnology, 9.

https://doi.org/10.3389/fbioe.2021.674431

Zangerolamo, L., Soares, G. M., Rosa, L. R. de O., Santos, K. R., Bronczek, G. A., Marconato-Júnior, E., Carneiro, E. M., & Barbosa-Sampaio, H. C. de L. (2020). The use of the “Endocrine Circuit” as an active learning methodology to aid in the understanding of the human endocrine system. Advances in Physiology Education, 44(2), 124–130. https://doi.org/10.1152/advan.00123.2019

Zavala, E., Wedgwood, K. C. A., Voliotis, M., Tabak, J., Spiga, F., Lightman, S. L., & Tsaneva-Atanasova, K. (2019). Mathematical Modelling of Endocrine Systems. In Trends in Endocrinology and Metabolism (Vol. 30, Issue 4, pp. 244–257). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.tem.2019.01.008

Downloads

Published

2024-09-27
Loading...