Penggunaan Rasch Model dalam Menganalisis Soal Evaluasi pada Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.15575/jash.v1i2.944Keywords:
Butir soal PAT, Lembar Jawaban Siswa, Taksonomi Bloom, Rasch ModelAbstract
Kualitas pendidikan di Indonesia masih perlu ditingkatkan, salah satu upayanya dengan melakukan evaluasi pada butir
soal dan lembar jawaban siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan: (1) Mengklasifikasi lembar soal PAT berdasarkan
Taksonomi Bloom; (2) Menghitung persentase pada butir soal dan jawaban benar berdasarkan Taksonomi Bloom; dan
(3) Menganalisis butir soal PAT berdasarkan Rasch model berbantu aplikasi Winsteps. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh melalui metode dokumentasi berupa 35 butir soal PAT
mata pelajaran matematika dan 277 lembar jawaban siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) terdapat 11 butir soal level kognitif rendah (LOTS), 16 butir soal level kognitif sedang (MOTS),
dan 8 butir soal level kognitif tinggi (HOTS); (2) persentase butir soal menghasilkan 31% soal LOTS, 46% soal MOTS,
dan 23% soal HOTS dengan banyaknya persentase jawaban benar pada butir soal adalah 51,5% pada soal LOTS, 42%
siswa pada soal MOTS, dan 35% siswa pada soal HOTS; dan (2) hasil analisis menggunakan Rasch model diperoleh 31
dari 35 soal sudah valid dengan 4 sisanya perlu dilakukan revisi, reliabilitasnya termasuk kategori cukup dengan nilai
alpha 0,72, memiliki tingkat kesukaran soal yang cukup beragam, daya pembeda soal sudah baik, dan efektifitas
pengecohnya telah 100% berfungsi.
References
Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rach Model, Fundamental Measurement in the Human Science (3 ed.). Routledge
Alfarisa, F., & Purnama, D. N. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi SMA Menggunakan RASCH Model. 11(2).
Amirin, M. T. (2000). Menyusun Reancana Penenlitian (1 ed., Vol. 4). Raja Grafindo Persada.
Anderson, L., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka landasan untuk pembeljaran, pengajaran, dan assesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Pustaka Belajar.Daryanto, H. (2010). Media Pembelajaran. Gava Media.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal
Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel Melalui Teori Tes Klasik Dan Model Rasch.
Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19.
Fanani, Moh. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Hots Pada Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Farida, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Dalam Remaja Rosdakarya Bandung (2 ed., Vol. 2).
Fauziana, A., & Dessy Wulansari, A. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6, 10–19. https://doi.org/10.21154//ibriez.v6i1.112
Fitrianawati, M. (2017). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. publikasi ilmiah ums, 282–295. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9117/25.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1– 8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Timss Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS hihger order thinking skills ( pipih latifah, Ed.; 1 ed.). Remaja Rosdakarya.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran Kuningan.
Huang, Y.-M., Lin, Y.-T., & Cheng, S.-C. (2009). An adaptive testing system for supporting versatile educational assessment. Computers & Education, 52, 53–67. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.06.007
Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara, 9(2), 920–935.
Mania, S., Fitriani, F., Majid, A. F., Ichiana, N. N., & Abrar, A. I. P. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Sekolah. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(2), 274. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.16569
Markus, S. (2019). The Programme for International Student.
Muntazhimah, M., Putri, S., & Khusna, H. (2020). Rasch Model untuk Memvalidasi Instrumen Resiliensi
Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 65–73. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144
Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan Model Rasch pada Pengembangan
Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 224–233.
Purniasari, L., Masykuri, M., & Ariani, S. R. D. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia SMA N 1 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2022 Menggunakan Model Iteman dan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 205–214.
Safihin, M. (2019). Pengembangan Tes Menggunakan Model Rasch Materi Gaya Untuk SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(6), 1–11. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33424/75676581548
Sajidan, & Afandi. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA untuk Memperdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Seminar Nasioanal Pendidikan SAINS (SNPS), 15–27.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1 ed., Vol. 7). Kencana Prenada Media Group.
Sobarningsih, N., Sugilar, H., Nurdiansyah, R., Pendidikan Matematika, P., Sunan Gunung Djati Bandung, U., & Nasution No, J. A. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67–84.
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan RASCH Pada Assessment Pendidikan. AplikAsi RascH pemodelAn Pada Assessment Pendidikan, 1–142
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fuji Nur Oktapiana, Juariah Juariah, Hamdan Sugilar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.