Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik Pada Siswa SMP Al Amanah Cileunyi

Authors

  • Nurhamzah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agus Nurdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jkgk.v1i1.556

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Metode Pembiasaan, Berkata baik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya permasalahan siswa yang berkaitan dengan akhlak, khususnya dalam berbicara dan berinteraksi terhadap guru dan sesama teman. Oleh sebab itu, maksud dari pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik pada siswa di SMP Al-Amanah Cileunyi. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga  teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang implementasi pendidikan akhlak melalui metode pembiasaan berkata baik di SMP Al-Amanah Cileunyi menunjukan bahwa sudah terimpelemntasikannya pendidikan akhlak melalui pembiasaan berkata baik. Pembiasaan berkata baik di SMP Al-Amanah menekankan agar siswa selalu mengucapkan salam ketika masuk ke kelas dan ketika berpapasan dengan guru, tidak ragu untuk membiasakan mengucapkan maaf, tolong dan terima kasih terhadap sesama. Metode pembiasaan berkata baik di SMP Al-Amanah Cileunyi ditunjang dengan program-program pendukung seperti Perkembangan Kepribadian Muslim (PKM), Tafakur day dan program parenting.

References

Abdul Majid, M. (2017). Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 183-196.

Artikel, S. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, 21-33.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, M. B. (1992). Analisa Data Kualitatif. Depok: UI-Press. .

Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sayyidah, N. (2013). PENGUBAHAN KEBIASAAN BERBICARA KASAR DAN KOTOR MELALUI LAYANAN BIMINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIIc MTs ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.

Sholichah, A. S. (2019). Pendidikan Karakter Anak Prabalig Berbasis al-Qur'an. Jakarta: Pascasarjana Institut PTIQ.

Surahman, A. (2020). MPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI METODE PEMBIASAAN BERKATA BAIK PADA ANAK USIA DINI DI RA ASYSYARIFAH GAMBIR JAKARTA PUSAT.

Tafsir, A. (2005). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

01-08-2023

How to Cite

Nurhamzah, & Nurdiana, A. (2023). Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Metode Pembiasaan Berkata Baik Pada Siswa SMP Al Amanah Cileunyi. Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.15575/jkgk.v1i1.556