Peran Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah

Authors

  • Ria Komariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohammad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Andi Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jkgk.v1i1.557

Keywords:

Peran Guru, Pengembangan, Kurikulum PAI

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peran guru dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Peran guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pengembang kurikulum. Guru memiliki peran penting dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kurikulum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peran guru dalam proses pengembangan kurikulum PAI di Sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Hasil penelitian ini yaitu peran guru sangatlah besar karena keberhasilan pengajaran ditentukan oleh guru. Guru berperan dalam mengembangkan kurikulum yang dikelola secara sentralisasi, desentralisasi, dan sentral-desentral. Peran guru mencakup implementer, adapter, developer, dan researcher. Guru melaksanakan peran ini melalui kegiatan seperti merumuskan tujuan pendidikan secara konkret sesuai dengan tujuan kurikulum, karakteristik siswa, bahan ajar, dan kebutuhan sekolah; merancang pembelajaran yang efektif; melaksanakan rencana pembelajaran yang konkret; mengevaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran; serta mengevaluasi interaksi antar komponen kurikulum yang dilaksanakan. Berkenaan dengan penelitian ini, semoga menjadi bahan studi, literatur dan khazanah pendidikan Islam yang dapat diimplementasikan oleh guru-guru. Penelitian ini juga dapat berimplikasi terhadap peneliti lain yang hendak melakukan penelitian dengan topik yang serupa untuk lebih dielaborasi dan dikembangkan kembali.

References

Abdullah, A. A., Ahid, N., Fawzi, T., & Muhtadin, M. A. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. Tsaqofah, 3(1), 23–38. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Achruh, H. A. (2016). Eksistensi guru dalam pengembangan kurikulum. Jurnal Inkuiri, 5(2), 416–426.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480

Arikunto, S. (2010). Dasar - Dasar Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fatih, M. Al, Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421–427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140–163. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v12i2.265

Hikmawati. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Press.

Ihwani, N., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2021). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Cahaya Pendidikan, 7(1), 12–24. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2797

Ishak, I. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan. FiTUA: Jurnal Studi Islam, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.47625/fitua.v2i2.316

Mohamad Ahyar Ma’arif. (2012). Manajemen PengembanganKurikulum Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Silam, 1(1), 1–15.

Nisa, K. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Inovatif, 4(2), 44–56. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Nurmadiah, N. (2016). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93

Patimah, P. (2016). Pendidik Dalam Pengembangan Kurikulum. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 147–161. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.582

Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511

Ramadhan, O. M., Hermawan, A. H., & Erihadiana, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era New Normal. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(1), 32–45. https://doi.org/10.33367/ji.v11i1.1588

Rina Febriana. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan r&d. In Bandung. ALFABETA.

Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2147

Trysha Yulindaputri & Tasman (2023). Peran Guru dalam Proses Pengembangan Kurikulum PAI. Jurnal PAI Raden Fatah 5(4), 1–14. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4

Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741

Wagiono, F., Shaddiq, S., & Syahidi, A. A. (2020). Pengembangan Pkn Di Era Generasi Millenial Berbantuan M-Learning (Mobile Learning) Pada Gadget Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Bermuatan Karakter. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 63–72. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.64

Downloads

Published

04-01-2024

How to Cite

Komariah, R., Erihadiana, M., & Rahman, A. A. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.15575/jkgk.v1i1.557