Analisis Kualitas Soal Essay pada Buku Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA

Authors

  • Elis Syarifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Nursobah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jkgk.v1i1.561

Keywords:

Analisis Soal, HOTS, Essay, SKI

Abstract

Beberapa problematika yang terjadi dalam pembelajaran abad 21 ini adalah kurangnya mutu pendidikan yang dilihat dari bahan ajar yang tidak sepenuhnya dapat memfasilitasi peserta didik sesuai dengan prinsip pembelajaran HOTS, hal tersebut dilihat dari kualitas soal evaluasi yang tidak semuanya HOTS. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas soal essay pada buku mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Madrasah Aliyah (MA) yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Teknik analisi data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas Soal Essay pada buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI ini terdiri dari 82% Soal LOTS dan 18% soal HOTS. Dari beberapa ranah kognitif yang paling banyak muncul adalah kategori L1/C2 (pemahaman) dengan jumlah 40 soal/ 53%. Ini bukan soal HOTS karena hanya membutuhkan kemampuan mengingat dan menjelaskan ide/konsep. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI ini tidak memenuhi standar soal HOTS yang dituntut oleh pembelajaran abad 21. Secara teoritis implikasi penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang luas terkait kualitas soal HOTS dalam pembelajaran abad 21.

References

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ips. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 298–304.

Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2), 135–151.

Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101–115.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Salemba Humanika.

MAGHFIRAH, S. B. (n.d.). ANALISIS LEVEL SOAL DAN LEVEL KOGNITIF SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN FISIKA DI.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI press.

Mulyono, H., Istiyati, S., Atmojo, I., & Ardiyansah, R. (2019). Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Berbasis Critical Thinking Sesuai Kurikulum Guna Mengakselerasi Education 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar Uns, 7(2), 108–111.

Nugroho, R. A. (2021). HOTS: Kemampuan berpikir tingkat tinggi/R. Arifin Nugroho.

Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., & Ansari, K. (2019). Analisis Soal Berbasis Hots (High Older Thinking Skills) dalam Buku Brilian (Buku Ringkasan Materi dan Latihan) Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 2, 61–66.

Ridwan, S. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS. Jakarta: TS Smart.

Suci, I. E., Martini, M., & Purnomo, A. R. (2021). Analisis Muatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Buku IPA Kelas VIII SMP Bab Struktur Dan Fungsi Tumbuhan. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 316–324.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

01-08-2023

How to Cite

Syarifah, E., Nugraha, M. S., & Nursobah, A. (2023). Analisis Kualitas Soal Essay pada Buku Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA. Jurnal Keprofesian Guru Keagamaan, 1(1), 38–57. https://doi.org/10.15575/jkgk.v1i1.561