Analisis Kritis Terhadap Al-Hakim Al-Naisaburi (Konteks Sosial dan Historis)
Konteks Sosial Dan Historis
Abstract
Abstrak: Imam Al-Hakim al-Naisaburi adalah ulama hadis abad ke-4 Hijriyah yang karyanya, al-Mustadrak, sering dikaji dan diperdebatkan. Konteks sosial dan politik di Naisabur memengaruhi metodologinya dalam menilai hadis, sehingga penting untuk memahami dinamika historis di balik konstruksi ilmiahnya. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi hubungan antara konteks sosial-historis dengan pemikiran Imam Al-Hakim, serta menilai kontribusinya terhadap perkembangan kritik hadis. Fokus utamanya adalah bagaimana lingkungan intelektual, politik, dan teologis membentuk pendekatannya dalam mengumpulkan, memverifikasi, dan menyusun hadis. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis historis dan studi pustaka. Data diperoleh dari karya primer seperti al-Mustadrak, serta tafsir dan komentar para ulama. Teknik content analysis, kritik sanad dan matan, serta pendekatan sosiologi pengetahuan diterapkan untuk memahami dinamika otoritas keilmuan dan konstruksi metodologi hadisnya. Penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Imam Al-Hakim sangat dipengaruhi oleh ketegangan mazhab, interaksi dengan penguasa, serta jaringan ulama. Ia kerap dikritik karena longgar dalam menilai hadis, namun kontribusinya tetap signifikan. Pendekatan kritik hadisnya merefleksikan kondisi sosial dan politik masa Dinasti Samaniyah dan Ghaznawiyah. Karya dan metodologi Al-Hakim tidak dapat dilepaskan dari konteks sosial-historis zamannya. Kritik terhadapnya sebaiknya dipahami secara kontekstual, bukan semata teknis. Penelitian ini menegaskan pentingnya membaca warisan keilmuan klasik dengan pendekatan kritis-hermeneutis agar tidak terjebak pada pembacaan ahistoris terhadap tokoh dan karya tradisional.
Kata Kunci: Hadis; Kritik; Metodologi; Sosial-Historis
References
Al-Al-Dzahabi, S. M. bin A. (1985). Siyar A’lam al-Nubala. Muassasah al-Risalah.
Al-Al-Dzahabi, S. M. bin A. (1995). Mizan al-I’tidal fi Naqd al-Rijal. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Al-Dzahabi, S. M. bin A. (1998). Tadzkirat al-Huffaz. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Ashbahani, A. N. (1985). Hilyat al-Auliya’. Dar al-Kitab al-’Arabi.
Al-Baghdadi, A.-K. (2002). Tarikh Baghdad. Dar al-Garb al-Islami.
Al-Baihaqi, A. bin al-H. (1999). Al-Madkhal ila al-Sunan al-Kubra. Dar al-Hadis.
Al-Dzahabi, M. H. (1985). Israiliyyat fi al-Tafsir wa al-Hadis. Lajnah al-Nasyr fi Dar al-Iman.
Al-Hakim al-Naisaburi, M. bin A. (1977). Ma’rifat ’Ulum al-Hadits. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Hakim al-Naisaburi, M. bin A. (1990a). Al-Mustadrak ‘ala al-Shahihain. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Hakim al-Naisaburi, M. bin A. (1990b). Tarikh Naisabur. Intisyarat-e Bunyad.
Al-Jauzi, I. (1997). Al-Maudhu’at. Dar al-Salam.
Al-Juf, K. Y. (1987). Biografi Al-Hakim dalam Muqoddimah al-Ihsan bi Tartib Shahih Ibn Hibban. Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Khalili, A. Y. (1993). Al-Irshad fi Ma’rifah ‘Ulama’ al-Hadits. Maktabah al-Rushd.
Al-Nawawi, Y. bin S. (1985). Al-Taqrib wa al-Taysir li Ma’rifat Sunan al-Basyir al-Nadzir. Dar al-Kitab al-’Arabi.
Al-Sam’ani. (1988). Al-Ansab. Dar al-Jinan.
Al-Subki. (1964). Tabaqat al-Syafi’iyyah al-Kubra. Dar Ihya’ al-Kutub al-’Arabiyyah.
Brown, J. (2009). Hadith: Muhammad’s Legacy in the Medieval and Modern World. Oneworld Publications.
Bulliet, R. W. (1972). The Patricians of Nishapur: A Study in Medieval Islamic Social History. Harvard University Press.
Eaton, R. M. (1993). The Rise of Islam and the Bengal Frontier, 1204–1760. University of California Press.
Handayana, S., & Budiman, A. (2023). FROM HISTORICAL TO NORMATIVE-THEOLOGICAL APPROACHES: Hadith Studies and Prophetic Tradition According to Ruggero Vimercati Sanseverino. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 9(1), 1. https://doi.org/10.21043/riwayah.v9i1.16541
Ibnu al-Shalah, A. A. U. bin A. al-R. (1986). Muqaddimah Ibn al-Shalah. Dar al-Fikr.
Ibnu Hajar al-Asqalani, A. bin A. (1984). Tahdzib al-Tahdzib. Dar al-Fikr.
Ibnu Hajar al-Asqalani, A. bin A. (2002). Lisan al-Mizan. Dar al-Bashair.
Ibnu Katsir, I. bin U. (1996). Al-Ba’its al-Hatsits Syarh Ikhtisar Ulum al-Hadits. Makhtaba’ah al-Ma’arif.
Jum’ah, ’Imad Ali. (2004). Ushul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid al-Muyassarah. Dar al-Muslim.
Khallikan, I. (1972). Wafayat al-A’yan. Sadir.
Lucas, S. C. (2004). Constructive Critics, Ḥadīth Literature, and the Articulation of Sunnī Islam. BRILL.
Lucas, S. C. (2015). Misquoting Muhammad: The Challenge and Choices of Interpreting the Prophet’s Legacy by Jonathan A.C. Brown (Review). Journal of Shi’a Islamic Studies, 8(2), 245–249. https://doi.org/10.1353/isl.2015.0002
Makdisi, G. (1981). The Rise of Colleges: Institutions of Learning in Islam and the West. Edinburgh University Press.
Manna’ Al-Qaththan. (2020). Pengantar Studi Ilmu Hadits (M. Abdurrahman (penerj.)). Pustaka Al-Kautsar.
Mottahedeh, R. (1980). Loyalty and Leadership in an Early Islamic Society. Princeton University Press.
Mulaqin, I. (1991). Mukhtashar Istidrak al-Hafidz al-Dzahabi ‘Ala Mustadrak Abi Abdillah al-Hakim. al-Ashimah.
Zayd, A. (2019). Hadith: Muhammad’s Legacy in the Medieval and Modern World, 2nd ed. American Journal of Islamic Social Sciences, 36(2), 64–73. https://doi.org/10.35632/ajiss.v36i2.575.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TAMMAT Journal Of Critical Hadith Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/tammat/management/settings/distribution#:~:text=CC%20Attribution%2DNonCommercial%2DShareAlike%204.0
