Relevansi Konsep Pola Asuh Orang Tua terhadap Penguatan Akidah Anak dalam Hadis: Studi Takhrij Hadis

Authors

  • Faqih Firdaus UIN sunan gunung Djati

Abstract

Cara orang tua mengasuh dan mendidik anak sangat berpengaruh terhadap perilaku dan kepribadian anak. Oleh karena itu, orang tua adalah sekolah pertama bagi anak sebelum dia mendapat pendidikan dari orang lain. Tujuan penelitian ini adalah membahas konsep pola asuh orang tua dalam menumbuhkan akidah anak menurut perspektif hadis. Metode penelitian ini menerapkan jenis kualitatif melalui studi pustaka dengan menerapkan analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teradapat konsep pola asuh anak yang sesuai dengan tuntutan Rasulullah Saw. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan berpegang kepada syariat yang diajarkan Nabi Muhammad Saw akan menjadikan hidup lebih baik dan terarah, khususnya dalam masalah pola asuh orang tua dalam mendidik anak.

References

Adawiah, R. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.

Afendi, A. R., Ramli, A., Sudadi, S., & Anwar, C. (2023). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak Dan Kajian Terhadap Hadis Tentang Perintah Mendirikan Shalat. Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE), 1(1), 1–7.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Bahri, S. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 198–199.

Darmalaksana, W. (2020). Penelitian Hadis Metode Syarah Pendekatan Kontemporer: Sebuah Panduan Skripsi, Tesis, dan Disertasi.

Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fachmi, T., Umayah, U., Hasbullah, H., & Juhji, J. (2021). Pola asuh islami: Antara transformasi nilai-nilai theologis dan internalisasi karakter mahmudah. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 423–432.

Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159–168.

Ismail, I. H. (2019). Pola asuh orang tua yang otoriter dalam keluarga (Dampak perkembangan perilaku anak di Desa Kaloling Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai). Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 5(2), 43–64.

Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264–278.

Komalasari, N., & Utami, S. T. (2024). Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini dalam Keluarga Berdasarkan Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Ekonomi, 2(1), 1–10.

Marronis, R. P., Nada, S. B. K., Sartika, L., Hayati, P., & Wismanto, W. (2024). Analisis Tentang Pola Asuh Anak Dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 17–29.

Musslifah, A. R., Cahyani, R. R., Rifayani, H., & Hastuti, I. B. (2021). Peran pola asuh orang tua terhadap perilaku agresif pada anak. Jurnal Talenta, 10(2).

Padilah, N. (2021). Urgensi parenting perspektif hadis. Uin Sultan Maulana Banten, Hal, 3.

Sabardila, A., Prihartanti, N., & Wahyudi, A. B. (2021). AUTOBIOGRAFI: Sumber Kritik Keluarga dan Potensi Anak. Muhammadiyah University Press.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).

SUHENDRA, A. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA: STUDI ATAS HADIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA. Jurnal ISSUE, 1(1).

Uyuni, Y. R. (2019). Konsep pola asuh orang tua dalam perspektif islam terhadap tumbuh kembang anak dalam keluarga. Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 4.

Wahyudi, D., & Filma Eka, S. (2017). Bunga Rampai Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Lampung: CV. IQRO.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008. Cet. II.

Downloads

Published

2025-06-27

Issue

Section

Articles