Analisis Muatan Ajaran Hadis Tarbawi dalam Animasi Cerita Ubay pada Kanal YouTube Yufid Kids: Studi Takhrij Hadis
Abstract
Penelitian ini menganalisis muatan ajaran hadis-hadis tarbawi dalam animasi Cerita Ubay pada sebuah channel youtube. Penitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif metode library research. Data primer penilitian ini merujuk pada channel youtube Yufid Kids. Sedangkan data sukundernya diperoleh dari berbagai buku, artikel, dan dokumen. Konten animasi Cerita Ubay telah mempublikasikan total 10 video dengan tujuan edukasi islma untuk anak-anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Cerita Ubay menyajikan hadis dalam bentuk potongan teks beserta terjemahannya, tanpa mencantumkan sanad secara lengkap. Hadis yang ditampilkan sebagian besar berkaitan dengan doa-doa harian dan nilai-nilai akhlak. Penelitian ini menyimpulkan adanya implikasi pada pengguna media sosial yakni pada perubahan penyajian hadis, proses apropriasi ideologi, pergeseran otoritas ulama, dan terjadinya komodifikasi secara otomatis dalam ekosistem digital. Penelitian ini menyoroti perlunya keseimbangan antara kreativitas dalam dakwah digital dengan keakuratan dan keautentikan ajaran Islam agar tidak terjadi distorsi makna dalam penyampaian hadis.
References
Al-Albani, M. N. (n.d.). Shahih Sunan at-Tirmidzi (3 ed.). Pustaka Azzam.
Al-Bukhari, M. bin I. (1993). Shahih Bukhari. Dar Ibn Katsir.
As-Sijitsani, A. (1905). Sunan Abi Daud (M. M. Abdul Hamid (ed.); 1 ed.). Dar al-Fikr.
Aulia, S. B., & Ridlo, M. A. (2025). Transformasi Hadis ke Media Visual pada Film Animasi New Series Rarra. Al-Isnad: Journal of Indonesian Hadith Studies, 5(1), 1–18. https://doi.org/https://jurnal.idaqu.ac.id/index.php/al-isnad/article/view/361
Dwi Aryanti, S., & Ubaidillah. (2024). Internalisasi Hadis Tarbawi dalam Media Sosial “Omar Hana” Sebagai Model Pendidikan Anak Islam di Indonesia. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 21(1), 90–113. https://doi.org/10.19105/nuansa.v21i1.11367
Fahruroji, M. (2021). Mediatisasi Agama: Konsep, Kasus, dan Implikasi. LEKKaS.
Hasanah, U., & Hifni, A. (2024). Digitalization and the Challenges of Hadith Dissemination in the Modern Era. Takwil: Journal of Quran and Hadith Studies, 3(1), 55–69. https://doi.org/10.32939/twl.v3i1.3467
Ihsan Nurmansyah. (2019). Islam Dan Media Sosial: Kajian Living Hadis Dalam Film “Papi Dan Kacung” Di Instagram. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 4(2), 201–216. https://doi.org/10.25217/jf.v4i2.591
Khabiir, I. N. A., & Ridlo, M. A. (2025). Transformasi Hadis Ke Media Digital. Syaikh Mudo Madlawan (JSMM): Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2(1), 154–161.
Langga, F. H., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2020). Animated Web Series as Media for Islamic Education in Children. Halaqa: Islamic Education Journal, 4(2), 125–132. https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i2.982
Maesuro, L., & Khumaedi, M. (2024). Implementasi Media Sosial sebagai Sarana Revitalisasi Dakwah in Studi Kajian Hadis di Ruang Virtual: Analisis Konten Youtube “Adi Hidayat Official” Oleh Ustaz Adi Hidayat. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya, 6(1).
Nahied, M. A., & Ubaidillah, R. (2024). Mediatisasi Hadis: Transformasi Interpretasi dalam Era Digital. Al-Manar: Jurnal Kajian Alquran Dan Hadis, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35719/amn.v10i1.66
Network, Y. (n.d.). Profil Yufid Network. Diambil 25 Juni 2025, dari https://yufid.org/profil-yufid-network/
Ni’ami, M. F., Sumbulah, U., & Irfan, M. (2023). Resepsi Hadis-hadis Nafkah dalam Media Sosial: Studi terhadap Konten Youtube@ FaqihAbdulKodir. Mutawatir: Jurnal Keilmuan …, 13, 169–190. https://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/mutawatir/article/view/2078%0Ahttps://jurnalfuf.uinsby.ac.id/index.php/mutawatir/article/view/2078/1464
Santosa, P. (2015). Metode Penelitian Sastra:Pradigma,proposal,Pelaporan, dan Penerapan. Azza Grafika.
Sari, F. (2024). Resepsi Hadis Dalam Film Animasi “Jangan Menuduh” Pada Kanal YouTube NussaOfficial Sekolah. Islam Nusantara: Journal of Study Islamic History and Culture, 4(2).
Shari, M. F. (2021). Bentuk Mediatisasi hadis berupa Video. Jurnal Moderasi, 1(2), 169–184. https://doi.org/10.14421/jm.2021.12.04
SM, A. M. I. (2024). Corak Pemahaman dalam Visualisasi Hadis: Studi Kasus Animasi Hadis pada Channel Youtube CulapCulip. Ihyaussunnah : Journal of Ulumul Hadith and Living Sunnah, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ihyaussunnah.v4i1.43991
Wirdiyana, S. S. (2022). Aprosiasi Ideologi Salaf Dalam Animasi Anak: Studi Kasus Channel Yufid Kids. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
YouTube. (n.d.). Yufid Kids. Diambil 25 Juni 2025, dari https://www.youtube.com/channel/UCwAvDg6rCh6LMNUh6cZSk8A
Zuhri, S. (2023). Konfigurasi Sosial Budaya pada Hadis di Era New Media. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TAMMAT Journal Of Critical Hadith Studies

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/tammat/management/settings/distribution#:~:text=CC%20Attribution%2DNonCommercial%2DShareAlike%204.0
