Optimalisasi Pengelolaan Administrasi Sub Bagian Keuangan di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.15575/commen.v2i2.1154Kata Kunci:
Pengelolaan Administrasi, Optimalisasi Administrasi, Praktik Kerja Lapangan, KPU Kota BandungAbstrak
Administrasi merupakan serangkaian proses pengelolaan kegiatan untuk mencapai efektivitas dan efisiensi operasional organisasi. Dalam organisasi seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, administrasi berperan penting mendukung kelancaran pemilu yang demokratis dan transparan. Salah satu bagian penting di KPU Kota Bandung adalah Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Logistik (KUL), yang bertanggung jawab mengelola keuangan, administrasi umum, dan logistik pemilu. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mendukung pengamatannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi selama kegiatan Praktik Kegiatan Lapangan Jurusan Administrasi Publik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan administrasi pada Sub Bagian KUL dilakukan secara terstruktur, transparan, dan sesuai prosedur. Karena guna memastikan setiap langkah administratif berjalan efektif dan mendukung kebutuhan operasional secara optimal. Akan tetapi sistem pengelolaan masih dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan adopsi teknologi informasi dalam pengelolaan administrasi, seperti penerapan sistem administrasi digital guna meningkatkan efisiensi dan meminimalkan risiko kerusakan pengelolaan administrasi.