Systematic Literature Review: Peran Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Pertama

Systematic Literature Review: Peran Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menengah Pertama

Authors

  • Rika Amanda Husna UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ade Hilda ZA MTs Assasul Islamiyah Sukabumi
  • Solehudin Solehudin SMPN 1 Ciemas Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.15575/jash.v2i2.1711

Keywords:

Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep Matematis, Systematic Literature Review

Abstract

Ketidakmampuan siswa saat pembelajaran matematika menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Mereka tidak mampu mengidentifikasi masalah dengan baik. Hal ini dapat terjadi karena siswa belum mampu memahami konsep secara menyeluruh. Dengan demikian, banyak siswa menjadi kehilangan minat dalam pembelajaran matematika. Sehingga, perlu adanya pengembangan kemampuan berpikir kritis untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana berpikir kritis memiliki peran peningkatkan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Systemathic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA merupakan metode yang diterapkan pada penelitian ini. Dimana penulis mengambil sumber data berupa dokumen lain yang menjadi fokus penelitian. Sumber dokumen tersebut dicari melalui berbagai website kemudian dihimpun dan disesuaikan dengan kriteria inklusi juga eksklusi untuk dianalisis keterkaitannya dengan perhatian yang difokuskan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan, dengan berpikir kritis siswa dapat lebih memahami konsep-konsep matematis. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), berpikir kritis memiliki dampak yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis

References

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1).

Alatas, F. (2015). Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6 (1), 87-96.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–11.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125–132.

Bezanilla, M. J., Fernández-Nogueira, D., Poblete, M., & Galindo-Domínguez, H. (2019). Methodologies for teaching-learning critical thinking in higher education: The teacher’s view. Thinking Skills and Creativity, 33, 100584.

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227–238.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical thinking framework for any discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.

Eva Maufiroh, & Wahyu Lestari. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis. Journal Prosandika, 5(Sandika V), 1–8.

Fatmiyati, N., & Juandi, D. (2023). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematis: Systemtic Literature Review. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1161–1176. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17405

Filsaime, D. K. (2008). Menguak rahasia berpikir kritis dan kreatif.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi segiempat siswa smp. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70.

Friedel, C., Irani, T., Rudd, R., Gallo, M., Eckhardt, E., & Ricketts, J. (2008). Overtly teaching critical thinking and inquiry-based learning: A comparison of two undergraduate biotechnology classes. Journal of Agricultural Education, 49(1), 72–84.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal On Education, 1(3), 37–47.

Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515–523.

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(2).

Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 32, 29–38.

Kowiyah, K., Konita, A., & Andyra, R. (2024). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 6(1), 71. https://doi.org/10.31000/ijoee.v6i1.12166

Kowiyah, K., Marini, A., & Wihardjo, S. (2020). Rasch Model Analysis of Critical Thinking Instruments for Elementary School. Proceedings of the 5th International Conference on Education in Muslim Society, ICEMS 2019, 30 September-01 October 2019, Jakarta, Indonesia.

Lusiana, L., & Suryani, M. (2014). Metode SLR untuk mengidentifikasi isu-isu dalam Software Engineering. Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–11.

Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Muhammad, I., Himmawan, D. F., Mardliyah, S., & Dasari, D. (2023). ANALISIS BIBLIOMETRIK: FOKUS PENELITIAN CRITICAL THINKING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (2017 –2022). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 19–32.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas VB dan C di SDN Neglasari. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79–86.

Sanjaya, D. R. H. W. (2006). Strategi pembelajaran berorentasi standar proses pendidikan.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sari, N. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(2), 144. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i2.422

Sayekti, Y. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Strategi “MURDER” Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 5(1), 24–32.

Soekisno, B. A. (2002). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan strategi Heustrik. Bandung. Tesis pada jurusan Pendidikan Mtematika Universitas Pendidikan Indonesia ….

Su, H. F. H., Ricci, F. A., & Mnatsakanian, M. (2016). Mathematical teaching strategies: Pathways to critical thinking and metacognition. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 190–200.

Suwarno, Z. H., Kristanti, F., & Soemantri, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery LearningTerhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir KritisMatematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, D. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089–100. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/9436

Trianto, T. (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2014). Elementary and middle school mathematics. Pearson.

Warniasih, K., Kurniawati, R. M., & Utami, N. W. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pembelajaran inkuiri. Journal of Honai Math, 2(2), 103–116.

Wass, R., Harland, T., & Mercer, A. (2011). Scaffolding critical thinking in the zone of proximal development. Higher Education Research & Development, 30(3), 317–328.

Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976

Wulandari, Elyana, A., Darminto, & Priyo, B. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Ekuivalen, 24(2), 124–129.

Xu, E., Wang, W., & Wang, Q. (2023). The effectiveness of collaborative problem solving in promoting students’ critical thinking: A meta-analysis based on empirical literature. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–11.

Yohanes, R. S. (2021). Peranan Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas Tahun, 126.

Yuni Apriyanti, Purna Bayu Nugroho, V. M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Geography, 24(2), 151–154.

Zamarro, G., Nichols, M., Duckworth, A. L., & D’Mello, S. K. (2020). Validation of survey effort measures of grit and self-control in a sample of high school students. PloS One, 15(7), e0235396.

Zamroni, Z., & Mahfudz, M. (2009). Panduan teknis pembelajaran yang mengembangkan critical thinking. Depdiknas, Jakarta.

Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2012). The effect of using GeoGebra on conceptual and procedural knowledge of high school mathematics students. Asian Social Science, 8(11), 102.

Downloads

Published

2025-09-22
Loading...