PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PERCEIVED EASE OF USE, MOTIVASI INVESTASI, MODAL INVESTASI MINIMAL, DAN RETURN INVESTASI TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Penelitian pada Konsumen Reksadana Syariah melalui Aplikasi Bibit)
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seyogianya memudahkan masyarakat untuk berinvestasi, misalnya di pasar modal. Namun demikian, sebagian masyarakat tidak percaya diri berinvestasi melalui produk teknologi berupa aplikasi Bibit. Diduga, penyebabnya adalah tidak memilikinya pengetahuan yang memadai, motivasi investasi, modal investasi minimal, atau return investasi. Untuk mengungkap fakta di lapangan, metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, melalui analisis regresi. Dari penelitian dan pengolahan data diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan investasi dan return investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi, dengan koefisien regresi sebesar 0,342 dan nilai signifikan p=0,000. Variabel return investasi memiliki koefisien regresi sebesar 0,342 dengan nilai signifikan p=0,001. Sedangkan pada variabel perceived ease of use, motivasi investasi dan modal investasi minimal tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.