PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PERCEIVED EASE OF USE, MOTIVASI INVESTASI, MODAL INVESTASI MINIMAL, DAN RETURN INVESTASI TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Penelitian pada Konsumen Reksadana Syariah melalui Aplikasi Bibit)

Main Article Content

Ilham Nurjaman
Reka Nadira Nurcantika

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seyogianya memudahkan masyarakat untuk berinvestasi, misalnya di pasar modal. Namun demikian, se­bagian masyarakat tidak percaya diri berinvestasi melalui produk teknologi beru­pa aplikasi Bibit. Diduga, penyebabnya adalah tidak memilikinya pengeta­hu­an yang memadai, motivasi investasi, modal investasi minimal, atau return inves­ta­si. Un­­tuk mengungkap fakta di lapangan, metodologi yang digunakan dalam pene­li­tian ini adalah pendekatan kuantitatif, melalui analisis regresi. Dari pene­litian dan pengolahan data diperoleh hasil bahwa variabel pengetahuan investasi dan return investasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berinves­ta­si, dengan koe­fisien regresi sebesar 0,342 dan nilai signifikan p=0,000. Variabel return in­ves­ta­si memiliki koefisien regresi sebesar 0,342 dengan nilai signifikan p=0,001. Se­dang­kan pada variabel perceived ease of use, motivasi investasi dan modal inves­tasi mini­mal tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi.

Article Details

How to Cite
Ilham, I. N., & Reka Nadira Nurcantika. (2025). PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, PERCEIVED EASE OF USE, MOTIVASI INVESTASI, MODAL INVESTASI MINIMAL, DAN RETURN INVESTASI TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Penelitian pada Konsumen Reksadana Syariah melalui Aplikasi Bibit). Lobi, 2(1), 19–40. https://doi.org/10.15575/lobi.v2i1.1269
Section
Articles