ANALISIS JENIS-JENIS MAKNA PADA BUKU SELF IMPROVEMENT AKU ADA DI SINI UNTUK MENDENGARKANMU KARYA IRMA GUSTIANA (KAJIAN SEMANTIK)

Authors

  • Ratna Sophia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Meli Fitriyani Bandung Institute Technology

Abstract

Semantik, sebagai cabang linguistik, mempelajari makna dalam bahasa. Begitu juga dengan penelitian ini mengkaji mengenai berbagai jenis makna bahasa salah satunya jenis-jenis makna dalam buku self imptovement “Aku Ada Di sini untuk Mendengarkanmu” karya Irma Gustiana. Objek kajian tulisan ini yaitu buku self improvement. Buku self improvement merupakan sebuah bentuk karya non fiksi yang berisi tentang pengembangan diri dalam segala bentuk proses, usaha, tindakan, atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan bakat, pengetahuan, kemampuan, keterampilan, atau bahkan kesehatan untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai jenis-jenis makna yang terdapat dalam buku self improvement tersebut, seperti makna leksikal, makna gramatikal, makna denotatif, konotatif, referensial, nonreferensial, literal, figuratif, konseptual, dan asosiatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih lanjut tentang makna dalam bahasa dan pengembangan pengetahuan di bidang semantik.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Ratna Sophia, & Fitriyani, M. (2024). ANALISIS JENIS-JENIS MAKNA PADA BUKU SELF IMPROVEMENT AKU ADA DI SINI UNTUK MENDENGARKANMU KARYA IRMA GUSTIANA (KAJIAN SEMANTIK). Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 2(1), 22–33 Halaman. Retrieved from https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jelli/article/view/810