PENGARUH METODE VIKA TERHADAP PEMBELAJARAN MENYIMAK UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI

Authors

  • Anisa Rahayu Anisa Rahayu Universitas Pasundan, Indonesia
  • Dindin Muhammad Zaenal Muhyi Universitas Pasundan, Indonesia
  • Aries Setia Nugraha Universitas Pasundan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jelli.v2i2.879

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah yang dihadapi oleh peserta didik dalam kemampuan menyimak unsur pembangun teks cerita pendek. Penyebabnya adalah kurangnya penerapan metode dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode ViKA dalam meningkatkan kemampuan menyimak unsur pembangun cerpen terhadap peserta didik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi. Data yang dikumpulkan mencakup hasil pretest dan postes dari peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode ViKA efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak unsur pembangun cerpen pada peserta didik.  Terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pembelajaran antara peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Anisa Rahayu, A. R., Dindin Muhammad Zaenal Muhyi, & Aries Setia Nugraha. (2024). PENGARUH METODE VIKA TERHADAP PEMBELAJARAN MENYIMAK UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI. Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 2(2), 62–72 Halaman. https://doi.org/10.15575/jelli.v2i2.879

Citation Check