PENGARUH METODE VIKA TERHADAP PEMBELAJARAN MENYIMAK UNSUR PEMBANGUN TEKS CERITA PENDEK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.15575/jelli.v2i2.879Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah yang dihadapi oleh peserta didik dalam kemampuan menyimak unsur pembangun teks cerita pendek. Penyebabnya adalah kurangnya penerapan metode dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode ViKA dalam meningkatkan kemampuan menyimak unsur pembangun cerpen terhadap peserta didik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi. Data yang dikumpulkan mencakup hasil pretest dan postes dari peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode ViKA efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak unsur pembangun cerpen pada peserta didik. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam pencapaian pembelajaran antara peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anisa Rahayu Anisa Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.