CAMPUR KODE PADA LIRIK LAGU “NYONG DARI TIMUR” KARYA WITA SOFI DAN JUAN REZA

Authors

  • Tiara Jayani Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Zahroh Salsabila Basir Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Syahrul Ramadhan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Elfia sukma Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Norliza Jamaluddin Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jelli.v3i1.1424

Keywords:

campur kode, lirik lagu, sosiolinguistik, identitas budaya, interaksi antarbudaya

Abstract

Fenomena campur kode merupakan gejala kebahasaan yang umum terjadi dalam masyarakat multibahasa dan kini banyak ditemukan dalam media hiburan, termasuk lirik lagu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dan jenis campur kode, fungsi sosial dan makna budaya, serta faktor penyebab terjadinya campur kode dalam lirik lagu “Nyong dari Timur” karya Wita Sofi dan Juan Reza. Lagu ini menarik karena memadukan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Minang, dan bahasa dari kawasan Timur Indonesia (seperti dialek Ambon atau Papua), sehingga mencerminkan keragaman dan interaksi antarbudaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik reduksi, klasifikasi, dan interpretasi berdasarkan teori sosiolinguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode dalam lirik lagu ini terdiri atas lima bentuk, yakni penyisipan unsur kata, frasa, klausa, idiom, dan reduplikasi. Setiap bentuk mencerminkan identitas kultural tokoh dalam lagu, memperkuat emosi, dan menjadi media komunikasi antar daerah. Faktor penyebab terjadinya campur kode meliputi latar belakang budaya penulis lagu, strategi ekspresif dan estetis dalam penciptaan karya, serta adanya kebebasan berbahasa dalam konteks nonformal. Kesimpulannya, campur kode dalam lagu ini tidak hanya memperindah estetika lirik, tetapi juga berfungsi sebagai representasi identitas, alat pemersatu budaya, dan refleksi dinamika sosial masyarakat Indonesia yang multikultural.

References

Ardiyanti, Dwi, & Setyorini, Ni Wayan. (2018). Sosiolinguistik: Konsep dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Graha Ilmu

Dharma, B. S., & Amerta, T. I. (2020). Pendalungan” sebagai bentuk keharmonisan budaya di Kabupaten Jember. Optimalisasi Peran Komunikasi Menghadapi Era, 4, 76-90.

Eduar. (2024). Analisis Representasi Stuart Hall. Jurnal Alfabeta, 7(1), 68.

Faidah, M. M. (2022). Campur kode dan alih kode dalam lirik lagu “Senandung Rindu” syubbanul muslimin perspektif sosiolinguistik. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 122-131.

Hadirman, & Musafar. (2020). Fungsi Adaptasi Sosio-Kultural Komunitas Muna Perantauan dalam Masyarakat Multikultural di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI), 1(2), 148–160.

Handayani, N. F. (2016). Analisis campur kode dalam novel 5 Cm karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Ilmiah Sosio Humaniora, 4(1), 45–52.

Herlina, A. (2023). Alih Kode dan Campur Kode dalam Akun Instagram @pulangmalam. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 15(2), 123-135.

Isnaini, H. (2021). Tafsir Sastra: Pengantar Ilmu Hermeneutika. Bandung: Pustaka Humaniora

Merriam, A. P. (1964). The Anthropology of Music. Northwestern University Press.

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press, 1-64.

Nurmina, N., & Aflah, N. (2017). Analisis Bahasa Campur Kode dalam Lirik Lagu Bergek. Jurnal Pendidikan Almuslim, (3).

Nirmala, D., Rokhman, F., Sobandi, A., & Wahyudi, A. (2020). Bahasa Indonesia untuk perguruan tinggi. Prenadamedia Group.

Pratama, R. A. (2020). Strategi komunikasi dan Campur Kode dalam Representasi Identitas Budaya di Media Digital. Jurnal Linguistik Interdisipliner, Vol (2), No (1), 75–88.

Rojudin, R. & Mutoharoh, M. (2021). Campur Kode Dalam Tutur Bahasa Masyarakat Kampung Karang Tengah Kecamatan Bantarkawung. Jawa Tengah: Prosiding Samasta.

Septianah, A., & Nursalim, M. P. (2021). Campur Kode pada Percakapan Anggota Grup Facebook Pencinta Drama Korea. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), Vol (2), No (2).

Siswanto, W. (2008). Pengantar teori sastra. Grasindo.

Solekhudin, S., Nisa, A. N., & Yono, Y. (2022). Campur Kode dalam Komunikasi Sehari-hari Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(3), 212–220.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Swastika, L., & Hasanah, U. (2020). Sosiolinguistik: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran bahasa. Deepublish.

Sulianta, F. (2024). Puisi Kontemporer. Feri Sulianta.

Setyaningrum. (2019). Jenis, Bentuk, dan Faktor Penyebab Campur Kode dalam Perbincangan Acara “Ini Talkshow” di Net TV. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma:Yogyakarta.

Swastika, Lely, & Hasanah, Ulfatun. (2020). Sosiolinguistik: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran bahasa. Deepublish.

Zaeroni, Nila, S., & Setyawan, B. W. (2022). Analisis Campur Kode pada Lirik Lagu”Angel” Dipopulerkan oleh Denny Caknan dan Cak Percil. Jurnal Bahasa Sastra, Bahasa, dan Pengajarannya. Vol (7), No (1).

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Tiara Jayani, Zahroh Salsabila Basir, Syahrul Ramadhan, Elfia sukma, & Norliza Jamaluddin. (2025). CAMPUR KODE PADA LIRIK LAGU “NYONG DARI TIMUR” KARYA WITA SOFI DAN JUAN REZA. Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 3(1), 39–49 Halaman. https://doi.org/10.15575/jelli.v3i1.1424

Citation Check