NILAI KEMANUSIAAN YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL CATATAN JUANG KARYA FIERSA BESARI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran nilai kemanusiaan yang akan dijadikan sebagai usulan bahan ajar apresiasi sastra kelas XI SMA. Penelitian ini pun dilakukan untuk memberikan manfaat bagi peneliti, peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti lainnya, agar dapat dikembangkan serta diperdalam kembali mengenai nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung dalam sebuah karya sastra khususnya dalam novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Menurut Nugrahani metode penelitian kualitatif merupaka jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara kuantitatif lainnya. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu dimulai dari pengumpulan data dengan membaca keseluruhan pada novel Catatan Juang karya Fiersa Besari lalu menandai dan mengidentifikasi gambaran nilai-nilai kemanusiaan yang ditemukan dalam novel tersebut. Setelah membaca dan memilih maka dilakukan analisis novel yang menggambarkan nilai-nilai kemanusiaan. Terakhir hasil pengolahan data dijadikan sebagai Alternatif Bahan Ajar Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis data, novel Catatan Juang karya Fiersa Besari ini menggambarkan nilai kemanusiaan di dalamnya. Nilai kemanusiaan menurut Nurgiyantoro memiliki empat macam nilai kemanusiaan diantaranya hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Nilai-nilai tersebut sangat erat kaitan dan hubungannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia, bahkan masih bertahan hingga saat ini. Bahan ajar menganalisis gambaran nilai kemanusiaan dalam novel Catatan Juang karya Fiersa Besari pada kelas XI SMA sudah sesuai dengan ketentuan penyusunan bahan ajar serta sudah sesuai dengan Silabus dan Kurikulum 2013 sebagai acuan pendidikan di Indonesia.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Agustina, A. Y. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3, 16–29. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.563
Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra. CV Budi Utama.
Al-Ma’ruf, A. I., & Nugrahani, F. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. CV. Djiwa Amarta Press.
Besari, F. (2017). Catatan Juang. Mediakita.
Diana, A. (2017). Nilai Kemanusiaan pada Novel Sepatu Terakhir Karya Toni Tegar Sahidi. Jurnal Pesona, 144–155. https://doi.org/10.26638/jp.442.2080
Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar. CV. Berkah Utami.
HS. Kartikasari, A., & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan Sebuah Pengantar. In Cv. Ae Media Grafika. CV. AE Media Grafika.
Ismawati, E., Anindita, K. ., Rintik, R., & Asriana, A. (2019). Multikulturalisme Dalam Sastra Indonesia Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8, 19–33. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i1.1131
Kusuma, N. L. P. Y., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2018). Apresiasi Sastra Secara Reseptif Terhadap Teks Puisi Siswa Kelas X Mipa 9 Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8, 43–52. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20508
Lubis, R. H., & Nurelide, N. (2019). Kemampuan Apresiasi Sastra Siswa Sma Di Kota Medan. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 17, 171–179. https://doi.org/10.26499/mm.v17i2.2139
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1–16.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).
Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Rahmi, A., Yusrizal, Y., & Maulana, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Modul Pada Materi Hidrokarbon Di Sma Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2, 12–26.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Litera Media Publishing.
Sukayasa, & Awuy, E. (2014). Pengintegrasian Nilai-nilai Kemanusiaan (Human Values) dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. 54–61. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/2952/2030
Umami, sahrul. (2018). PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN (KAJIAN NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY ). 69–80.