ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK DALAM PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI

Authors

  • Dede Rianty Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Indri Ika
  • Muhammad Bintang Arisandy
  • Kirani Putri Indesswari

Keywords:

Menyimak, Deskripsi, Pendidikan, Bahasa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan menyimak terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 kelas C. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pengumpulan sampel data yang dilakukan secara langsung dan dibantu dengan aplikasi quiziz untuk memudahkan dalam bahan evaluasi yang melibatkan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi sebagai subjek penelitian angkatan 2024 kelas C. Pembelajaran menyimak biasanya lei maksimal apabila menggunakan model pembelajaran yang berbasis audio atau audio visual. Adapun materi yang disajikan sebagai bahan simakan terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2024 kelas C yakni video teks deskripsi tentang nasi cikur. Data yang telah di dapatkan kemudian diolah dan mendapat kesimpulan bahwa kemampuan menyimak para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 kelas C pada saat pelaksanaan pembelajaran menyimak sudah cenderung sangat baik.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Dede Rianty, Indri Ika, Muhammad Bintang Arisandy, & Kirani Putri Indesswari. (2025). ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK DALAM PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI. Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 3(1), 1–12 Halaman. Retrieved from https://ejournal.uinsgd.ac.id/index.php/jelli/article/view/1426

Citation Check