ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK DALAM PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI

Authors

  • Dede Rianty Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Indri Ika Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Muhammad Bintang Arisandy Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Kirani Putri Indesswari Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jelli.v3i1.1426

Keywords:

Menyimak, Deskripsi, Pendidikan, Bahasa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan menyimak terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 kelas C. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pengumpulan sampel data yang dilakukan secara langsung dan dibantu dengan aplikasi quiziz untuk memudahkan dalam bahan evaluasi yang melibatkan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi sebagai subjek penelitian angkatan 2024 kelas C. Pembelajaran menyimak biasanya lei maksimal apabila menggunakan model pembelajaran yang berbasis audio atau audio visual. Adapun materi yang disajikan sebagai bahan simakan terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2024 kelas C yakni video teks deskripsi tentang nasi cikur. Data yang telah di dapatkan kemudian diolah dan mendapat kesimpulan bahwa kemampuan menyimak para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 kelas C pada saat pelaksanaan pembelajaran menyimak sudah cenderung sangat baik.

References

Ambarita, J. D. (2020). Pembelajaran luring. CV Adanu Abimata.

Awliyah, R., Febriyani, R., Jannah, F. R., Suyadi, & Mustofa, A. (2019). Aspek perkembangan bahasa anak pada tingkat sekolah dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 59–64.

Dinata, K. B. (2022). Refleksi pembelajaran daring di Universitas Muhammadiyah Kotabumi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 240–249. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/803

Jamal, S., Syamsuddha, & Taufik, M. (2018). Kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan pengamatan langsung kelas VII SMP Negeri 3 Dungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12.

Kosasih, E. (2020). 22 jenis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yrama Widya.

Andi, A., Budi, B., & Citra, C. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude), 1(3), 365–368.

Listiani, L. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Septya, A., Kurniawati, I., & Yuliani, S. (2022). Pembelajaran Menyimak dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Tarigan, H. G. (1983). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Hendariningrum, N. (2020). Kuliner Tradisional Jawa Barat. Bandung: Pustaka Sunda.

Poerwadarminta, W. J. S. (1984). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 45-52.

Rost, M. (2002). Teaching and researching listening. London: Longman.

Tarigan, H. G. (1985). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Keraf, G. (2001). Komposisi: Sebuah pengantar kemahiran bahasa. Gramedia.

Indriani, S. P., Hodidjah, H., & Apriliya, S. (2019). Pengembangan buku cerita anak tentang makanan tradisional Nasi Cikur khas Tasikmalaya untuk siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 123–130. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13150

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (n.d.). Luring. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses pada 18 Mei 2025, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/luring

Sari, M. F. (2021). Pentingnya keterampilan menyimak dalam penguasaan kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 115–123.

Pratama, R. D. (2022). Strategi pembelajaran menyimak efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa, 8(1), 45–53.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV Wacana Prima.

Wulandari, I. D. A. (2021). Penggunaan media interaktif berbasis Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 45–52.

Wibowo, A. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Fauziati, E. (2009). Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Era Pustaka Utama.

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. Pearson Education.

Putra, A. D. (2020). Pengaruh media audio terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 34–42.

Downloads

Published

2025-07-20

How to Cite

Dede Rianty, Indri Ika, Muhammad Bintang Arisandy, & Kirani Putri Indesswari. (2025). ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK DALAM PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI. Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 3(1), 1–12 Halaman. https://doi.org/10.15575/jelli.v3i1.1426

Citation Check