ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK DALAM PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI
DOI:
https://doi.org/10.15575/jelli.v3i1.1426Keywords:
Menyimak, Deskripsi, Pendidikan, BahasaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan menyimak terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 kelas C. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pengumpulan sampel data yang dilakukan secara langsung dan dibantu dengan aplikasi quiziz untuk memudahkan dalam bahan evaluasi yang melibatkan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi sebagai subjek penelitian angkatan 2024 kelas C. Pembelajaran menyimak biasanya lei maksimal apabila menggunakan model pembelajaran yang berbasis audio atau audio visual. Adapun materi yang disajikan sebagai bahan simakan terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2024 kelas C yakni video teks deskripsi tentang nasi cikur. Data yang telah di dapatkan kemudian diolah dan mendapat kesimpulan bahwa kemampuan menyimak para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2024 kelas C pada saat pelaksanaan pembelajaran menyimak sudah cenderung sangat baik.
References
Ambarita, J. D. (2020). Pembelajaran luring. CV Adanu Abimata.
Awliyah, R., Febriyani, R., Jannah, F. R., Suyadi, & Mustofa, A. (2019). Aspek perkembangan bahasa anak pada tingkat sekolah dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 59–64.
Dinata, K. B. (2022). Refleksi pembelajaran daring di Universitas Muhammadiyah Kotabumi di masa pandemi Covid-19. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 240–249. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/803
Jamal, S., Syamsuddha, & Taufik, M. (2018). Kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan pengamatan langsung kelas VII SMP Negeri 3 Dungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12.
Kosasih, E. (2020). 22 jenis teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yrama Widya.
Andi, A., Budi, B., & Citra, C. (2022). Pembelajaran menyimak berbasis pendidikan karakter. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude), 1(3), 365–368.
Listiani, L. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Septya, A., Kurniawati, I., & Yuliani, S. (2022). Pembelajaran Menyimak dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Tarigan, H. G. (1983). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Hendariningrum, N. (2020). Kuliner Tradisional Jawa Barat. Bandung: Pustaka Sunda.
Poerwadarminta, W. J. S. (1984). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 45-52.
Rost, M. (2002). Teaching and researching listening. London: Longman.
Tarigan, H. G. (1985). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Keraf, G. (2001). Komposisi: Sebuah pengantar kemahiran bahasa. Gramedia.
Indriani, S. P., Hodidjah, H., & Apriliya, S. (2019). Pengembangan buku cerita anak tentang makanan tradisional Nasi Cikur khas Tasikmalaya untuk siswa sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 123–130. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13150
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (n.d.). Luring. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Diakses pada 18 Mei 2025, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/luring
Sari, M. F. (2021). Pentingnya keterampilan menyimak dalam penguasaan kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 115–123.
Pratama, R. D. (2022). Strategi pembelajaran menyimak efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa, 8(1), 45–53.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV Wacana Prima.
Wulandari, I. D. A. (2021). Penggunaan media interaktif berbasis Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 45–52.
Wibowo, A. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Fauziati, E. (2009). Teaching English as a Foreign Language (TEFL). Era Pustaka Utama.
Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. Pearson Education.
Putra, A. D. (2020). Pengaruh media audio terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 34–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Dede Rianty, Indri Ika, Muhammad Bintang Arisandy, Kirani Putri Indesswari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




